SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Minggu, 29 Januari 2012

Program Dasar vb.net input nilai mahasiswa ke listview

Dibawah ini adalah contoh pemrograman dasar Vb.net 2008 tentang penginputan nilai mahasiswa kedalam ListView




Public Class Form1
    Sub BuatTabel()
        LV.Columns.Add("NPM", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("NAMA", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("JURUSAN", 130, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("JENJANG", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("TAHUN MASUK", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("NILAI ANGKA", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("NILAI HURUF", 120, HorizontalAlignment.Center)
        LV.View = View.Details
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True
    End Sub

    Sub IsiTabel()
        Dim isi As New ListViewItem
        isi.Text = txtNpm.Text
        isi.SubItems.Add(txtNama.Text)
        isi.SubItems.Add(txtJurusan.Text)
        isi.SubItems.Add(txtJenjang.Text)
        isi.SubItems.Add(txtTahunMasuk.Text)
        isi.SubItems.Add(txtNilaiAngka.Text)
        isi.SubItems.Add(txtNilaiHuruf.Text)
        LV.Items.Add(isi)
    End Sub
    Sub bersih()
        txtNpm.Text = ""
        txtNama.Text = ""
        txtJurusan.Text = ""
        txtJenjang.Text = ""
        txtTahunMasuk.Text = ""
        txtNilaiAngka.Text = ""
        txtNilaiHuruf.Text = ""
    End Sub
    Sub nilai()
        Select Case txtNilaiAngka.Text
            Case Is >= 80
                txtNilaiHuruf.Text = "A"
            Case 70 To 79
                txtNilaiHuruf.Text = "B"
            Case 60 To 69
                txtNilaiHuruf.Text = "C"
            Case 50 To 59
                txtNilaiHuruf.Text = "D"
            Case Is <= 49
                txtNilaiHuruf.Text = "E"
        End Select
    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call BuatTabel()
    End Sub

    Private Sub txtNpm_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles txtNpm.TextChanged
        Dim a, b, c As String
        a = txtNpm.Text

        txtTahunMasuk.Text = "20" & Microsoft.VisualBasic.Left(a, 2)
        If a = "" Then
            txtTahunMasuk.Clear()
        End If


        b = Microsoft.VisualBasic.Mid(a, 3, 1)
        txtJenjang.Text = IIf(b = "1", "STRATA 1", _
                            IIf(b = "2", "DIPLOMA II", _
                                IIf(b = "3", "DIPLOMA III", "")))

        c = Microsoft.VisualBasic.Mid(a, 4, 2)
        txtJurusan.Text = IIf(c = "10", "TEKNIK INFORMATIKA", _
                              IIf(c = "12", "MANAJEMEN INFORMATIKA", _
                                  IIf(c = "13", "SISTEM INFORMASI", "")))

    End Sub

    Private Sub txtNilaiAngka_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles txtNilaiAngka.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If tombol = 13 Then
            Call nilai()
        ElseIf txtNilaiAngka.Text = "" Then
            txtNilaiHuruf.Clear()
        End If
    End Sub

    Private Sub txtNama_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles txtNama.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If tombol = 13 Then
            txtNilaiAngka.Focus()
        End If
    End Sub

    Private Sub btnSimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnSimpan.Click
        Call IsiTabel()
        Call bersih()
        txtNpm.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnBersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnBersih.Click
        Call bersih()
        txtNpm.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnHapusSemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnHapusSemua.Click
        LV.Items.Clear()
        txtNpm.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnPilihDihapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnPilihDihapus.Click
        LV.Items.Remove(LV.FocusedItem)
        txtNpm.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnkeluar.Click
        Me.Close()
    End Sub
End Class


hasil :



JAWABAN QUIZ HARI SENIN NO 2

klik disini untuk kasus [...]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar